May 06, 2019

Tips Memilih Pintu Aluminium Agar Awet dan Tahan Lama

Tak bisa dimungkiri, bahwa di dunia arsitektur bangunan saat ini, pamor pintu kayu perlahan mulai menurun. Keberadaannya mulai digantikan oleh pintu berbahan dasar PVC, aluminium atau lain sejenisnya. Di antara jenis-jenis pintu tersebut, salah satu yang paling populer adalah pintu aluminium.
Pintu aluminium banyak diminati karena kelebihan-kelebihan yang dimilikinya. Di antaranya adalah; lebih tahan terhadap segala jenis cuaca sehingga Anda tidak perlu was-was seperti ketika menggunakan pintu kayu yang akan getas di musim penghujan. Anda pun tidak perlu takut pintu akan dimakan rayap atau karatan (korosi), mengingat pintu jenis ini telah dilengkapi dengan bahan yang tahan terhadap keduanya.
Selain itu, dari segi bentuk dan warna, pintu aluminium dapat dengan mudah dibentuk sesuai keinginan serta dengan warna yang tidak mudah pudar. Soal biaya, harga pintu aluminium bisa dibilang cukup terjangkau dan sesuai dengan segala kelebihan yang ditawarkan.
Dengan berbagai kelebihan tersebut, tak heran jika pintu berbahan dasar aluminium ini banyak digunakan tidak hanya untuk rumah, tetapi juga untuk pertokoan, perkantoran, rumah sakit, atau yang lainnya.
Nah bagi Anda yang tertarik untuk menggunakan pintu jenis ini, ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan ketika Anda akan memilih. Hal ini tentu bertujuan agar pintu aluminium tersebut bisa awet, tahan lama, dan tetap memesona.
Perhatikan Bahan dan Kualitas Aluminium
Langkah pertama yang harus Anda lakukan ketika akan memilih pintu aluminium adalah perhatikan bahan dan kualitas aluminium tersebut. Pastikan bahwa pintu yang akan Anda pilih adalah jenis pintu aluminium dengan komposisi bahan yang terbaik. Hal ini penting, karena dalam banyak kasus sering kali pintu aluminium cepat rusak karena kualitas bahan yang buruk.
Selain dari segi bahan, Anda pun harus memperhatikan proses pembuatan serta pihak yang terlibat dalam proses tersebut. Caranya dengan mencari tahu terlebih dulu tentang perusahaan terkait, serta review masyarakat terhadap produknya. Anda bisa menanyai beberapa orang yang Anda kenal atau jika perusahaan tersebut memiliki website Anda bisa memantaunya dari situs tersebut.
Sesuaikan dengan Desain Interior Rumah
Setelah mendapatkan tempat penyedia dan pembuatan pintu aluminium terbaik, Anda sudah bisa membuat desain pintu aluminium seperti apa yang akan Anda gunakan nantinya. Jangan lupa untuk menyesuaikan desain tersebut dengan konsep atau gaya arsitektur yang diusung. Hal ini sangat penting agar tercipta keserasian antar elemen interior ataupun eksterior rumah Anda. Jangan sampai Anda terlanjur membayar mahal harga pintu aluminium, namun yang Anda dapatkan hanyalah kesia-siaan belaka.
Perhatikan Warna Pintu Aluminium
Selain model pintu, hal penting yang juga harus diperhatikan adalah permasalahan warna. Sebisa mungkin pilihlah warna yang serasi dengan warna utama rumah Anda. Serasi bukan berarti harus sama persis, melainkan bisa cocok untuk dipadupadankan. Jadi, warna pintu tersebut bisa lebih tua, lebih muda, atau bahkan bertolak belakang seperti halnya warna hitam dan putih.
Atau, untuk lebih amannya pilihlah warna-warna netral dan soft. Dan untuk hasil yang lebih maksimal, alangkah baiknya jika Anda juga meminta pertimbangan pada arsitek, desainer interior, atau yang lainnya.

Terakhir, pertimbangan harga. Sesuaikan harga pintu minimalis dengan kualitas serta kantong Anda.